Kamis, 05 Agustus 2010

PENYAKIT KELAMIN PADA PEREMPUAN

Trikomoniasis 
Trikomoniasis merupakan penyakit infeksi kuman (Trichomonas vaginalis), biasanya ditularkan melalui hubungan seksual dan sering menyerang saluran kencing bagian bawah pada wanita. 

Kandidiasis 
 Kandidiasis adalah infeksi saluran kelamin yang disebabkan oleh jamur (Candida albicans). Terjadi infeksi pada vagina, juga pada hidung, mulut, tenggorok, usus, dan kulit. Gejalanya adalah rasa gatal atau luka, keluar cairan putih yang tidak berbau, atau berbau asam (masam). 

Vulvovaginitis 
Vulvovaginitis adalah peradangan pada vulva dan vagina yang sering menimbulkan gejala keputihan yaitu keluarnya cairan putih kehijauan dari vagina. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Gardnertella vaginalis. 

Infertilitas 
Infertilitas adalah ketidakmampuan menghasilkan keturunan atau mandul. Infertilitas ini bisa disebabkan pria atau wanita. 

Kanker Payudara 

Kanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara. Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita. Kaum pria juga dapat terserang kanker payudara, walaupun kemungkinannya lebih kecil dari 1 di antara 1000. Pengobatan yang paling lazim adalah dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi 

Kanker Serviks (leher rahim) 
 
 Kanker Serviks (kanker leher rahim) banyak dialami wanita berusia 40-55 tahun. Kanker serviks di duga erat denagn infeksi Virus Herpes Simpleks. Pengobatannya dengan operasi, sinar radioaktif dan obat. 

Kanker Vagina 
Kanker vagina tidak diketahui penyebabnya tetapi kemungkinan terjadi karena iritasi yang diantaranya disebabkan oleh virus. Pengobatannya antara lain dengan kemoterapi dan bedah laser. 

Endometriosis 
Endometriosis adalah terdapatnya jaringan endometrium di luar rahim. Misalnya dapat ditemukan di ovarium, perut, usus besar, dan kandung kemih, akibat pengaliran balik darah menstruasi melalui saluran telur. Gejalanya adalah rasa nyeri saat menstruasi. Dapat diobati dengan operasi atau pemberian hormon progesteron. 

Sindrom Premenstrual 
Sindrom Premenstrual adalah keadaan dimana terjadi gangguan emosi, lesu, sakit kepala, bengkak pada tungkai, rasa pedih, dan nyeri payudara yang terjadi beberapa hari sebelum menstruasi. Penyebabnya diduga adalah jumlah hormon estrogen tinggi, progesteron rendah, gangguan metabolisme karbohidrat, jumlah prolaktin tinggi, dan gangguan psikis. 

Gangguan menstruasi 
Gangguan menstruasi pada wanita dibedakan menjadi dua jenis, yaitu primer dan sekunder. Primer adalah tidak terjadinya menstruasi sampai usia 17 tahun dengan atau tanpa perkembangan seksual. Sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 – 6 bulan atau lebih pada orang yang tengah mengalami siklus menstruasi.

Tidak ada komentar: