Kamis, 05 Agustus 2010

PENYAKIT KELAMIN PADA LAKI-LAKI

Sifilis (Raja Singa) 


   Sifilis adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri. Tanda-tanda sifilis, antara lain terjadinya luka pada alat kelamin, rektum, lidah, dan bibir; pembengkakan getah bening pada bagian paha; bercak-bercak di seluruh tubuh; tulang dan sendi terasa nyeri, khususnya tangan dan telapak kaki. Tanda-tanda penyakit ini dapat hilang, namun bakteri penyebab penyakit tetap masih di dalam tubuh, setelah beberapa tahun dapat menyerang otak sehingga bisa mengakibatkan kebutaan dan gila. Penyakit ini dapat disembuhkan jika dilakukan pengobatan dengan penggunaan antibiotik secara cepat. 

Gonore (kencing nanah)


Gonore (kencing nanah) disebabkan oleh bakteri. Gejala dari gonore, antara lain keluarnya cairan seperti nanah dari saluran kelamin; rasa panas dan sering kencing. Bakteri penyebab penyakit ini dapat menyebar ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan rasa nyeri pada persendian dan dapat mengakibatkan kemandulan. Penyakit ini dapat disembuhkan jika dilakukan pengobatan dengan penggunaan antibiotik secara cepat. 

Herpes Genetalis

 
Herpes genetalis disebabkan oleh virus. Virus penyebab penyakit herpes genetalis adalah Herpes simpleks. Gejala penyakit herpes genetalis, antara lain timbulnya rasa gatal atau sakit pada daerah kelamin dan adanya luka yang terbuka atau lepuhan berair.

Hipertropik Prostat 
Hipertropik Prostat adalah pembesaran prostat yang terjadi pada pria berusia 50 tahun. Penyakit ini diduga berhubungan dengan penuaan dan proses perubahan hormon. Gejalanya adalah rasa ingin kencing terus menerus. Dapat diobati dengan operasi. 

Hipogonadisme 
Hipogonadisme adalah penurunan fungsi testis yang disebabkan oleh gangguan hormon, seperti hormon androgen dan testoteron. Gangguan ini menyebabkan impotensi dan tidak adanya tanda-tanda kepriaan. Penanganan dapat dilakukan dengan terapi hormon.


Prosatis

Prostatis adalah peradangan pada prostat yang sering disertai dengan peradangan uretra. Gejalanya berupa pembengkakan yang dapat menyumbat uretra sehingga timbul rasa nyeri dan sulit buang air kecil.


Kriptorkidisme 
Kriptorkidisme adalah kegagalan dari satu atau kedua testis untuk turun dari rongga perut ke dalam skrotum pada waktu bayi. Hal tersebut dapat ditangani dengan pemberian hormone. Jika belum turun juga, dilakukan pembedahan.

Uretritis
Uretritis adalah peradangan uretra dengan gejala rasa gatal pada penis dan sering buang air kecil. Disebabkan oleh virus.

Epididimitis
Epididimitis adalah infeksi yang sering terjadi pada saluran reproduksi pria. Organisme penyebab epididimitis adalah bakteri E.Coli

Orkitis 
Orkitis adalah peradangan pada testis yang disebabkan oleh virus. Jika terjadi pada pria dewasa dapat menyebabkan impotensi (tidak dapat menghasilkan keturunan)

Impotensi 
Impotensi adalah ketidakmampuan mempertahankan ereksi (ketegangan) penis. Impotensi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain gangguan produksi hormone testosteron, penyakit kencing manis, kecanduan alcohol, obat-obatan, dan gangguan sistem saraf.

Tidak ada komentar: